Translate

Kamis, 25 Mei 2017

Pengenalan Komponen Dasar Visual Basic 6.0

Pertama kali anda membuka Visual Basic 6.0(VB6), komponen dasar yang Anda lihat terdiri dari beberapa bagian utama antara lain:

1. Blok Menu di bagian atas
2. Blok Standar dibawah blok menu
3. ToolBar disebelah kiri
4. Form di posisi tengah
5. Jendela Project di sebelah kanan atas
6. Jendela Properties di sebelah kanan bawah

Berikut letak gambarnya:

Komponen dasar VB6.0

a) Menu 

     Menu dalam VB6.0 seperti yang biasa Kamu lihat dalam Microsoft Office. di dalamnya terdapat menu File, Edit, View, Format dan lainnya.

b) Standar Bar (Blok Standar) 

     Standar Bar adalah sebuah jendela yang bersisi icon-icon yang fungsinya sama dengan menu, tetapi dapat digunakan untuk mempercepat perkerjaan, karena sebuah icon mewakili satu perintah tertentu. Contoh adalah icon Open, Save, Copy, Paste, Undo dan lainnya.

c) TollBox

     ToolBox adalah jendela yang berisi objek-objek untuk ditempatkan dalam form. contohnya objek Label, TextBox, ComboBox, Frame, dan lainnya.

d) Form

     Form sering disebut dengan GUI (Graphical User Interface) adalah sebuah objek yang digunakan untuk menempatkan objek-objek dari component TollBox.

e) Jendela Project

     Jendela Project adalah sebuah area yang menampung project dan form. Di dalamnya juga terdapat icon view code (untuk menampilkan area code editor) dan icon view objek (untuk menampilkan GUI).
dengan menggunakan project window ini kamu juga dapat menambah form, menghapus, mengganti nama form, memilih setup project dan lainnya.

f) Jendela Properties

     Jendela Properties adalah sebuah area yang digunakan untuk memodifikasi objek berupa merubah Caption,  memberi nama objek, mengubah warna, ukuran, model, dan lainnya.


Terima kasih telah membaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar